topbella

Jumat, 26 November 2010

“TIPS & TRICK NYELESAIN MASALAH”


Hey… pernah ngga kalian terjebak dalam suatu masalah yang membuat kalian jadi pusing dan ngga enak makan? Mau tau ngga cara ngatasin dan nyelesainnya? Nah, disini saya cuma mau kasih saran kepada teman-teman. Supaya kalian bias menghadapi masalah yang sedang menghadang kalian. Oke, kita langsung bahas aja yah…
Langkah pertama yang harus kita lakukan itu adalah mensugesti diri dengan menyebutkan dalam hati kata”Masalah, masalah ini sedang dating menimpa saya… tapi ini bukan masalah, tapi tantangan saya! Yah.. ini hanyalah tantangan hidup saya..! Saya suka tantangan, dan saya pasti bias untuk melewati tantangan ini…! Mulai sekarang, saya harus merubah kata MASALAH menjadi kata TANTANGAN”.
Persepsi antara kata masalah itu akan terasa berbeda kalau kita telah mengartikannya sebagai suatu tantangan, yah…walaupun cara menanganinya tidak jauh berbeda. Jika kata masalah ditekankan dalam dalam hati, secara tidak sadar emosi negative kita yang seperti marah, kesel, menyesal, rasa bersalah, khawatir, takut, kecewa, dan emosi lainnya akan dibuat naik! Sebaliknya,jika kita menggunakan kata tantangan maka emosi positif yang akan naik dan energipun akan ikut naik. Jadi, dalam hal ini kita harus berusahauntuk mengubah emosi kita dengan mengubah kata masalah menjadi tantangan. Sehingga persepsi emosi yang akan timbul adalah emosi yang positif.
Langkah selanjutnya adalah dengan cara menghirup udara sedalam-dalamnya kemudian keluarkan dari mulut sambil mengucapkan kata”huuuuuuh”. Lakukan cara ini sebanyak 5-9 kali, dan pada saat pengambilan nafas yang terakhir dilakukan sambil berjalan mondar-mandir minimal 6 langkah sekali jalan. Dalam keadaan itu fokuskan pikiran untuk menghitung dan memperhatikan gerak kaki,rasakan dan sadari setiap langkah yang kalian lakukan, jangan biarkan pikiran lain masuk saat ini. Hal ini digunakan minimal 5 kali putaran.
Kemudian kalian bisa bersantai dan menenangkan diri selama 5 menit! Selanjutnya biarkan masalah itu muncul dalam pikiran dan jadikan sebagai PENGAMAT saja, biarkan kilasan pikiran itu berlompat-lompat kesana kemari. Jika beban yang dirasa terasa cukup berat maka jangan segan-segan untuk “menangis”. Biarkan air mata menetes keluar, tapi… air matanya jangan di telan lagi yah kalau lewat dibibir kalian! air mata yang kalian keluarkan merupakan air mata kesedihan, kelemahan, ketakutan, dan kekecewaan. Karena dengan cara seperti itu kita dapat merasakan suatu energy negatif yang ikut keluar bersama tetesan air mata-air mata tadi.
Setelah prosesi menangis sudah selesai, kalian harus tersenyum sambil berusaha untuk menumbuhkan pikiran positif, pikirkan hal apa saja yang membuat kalian senang.pikiran apa saja yang dapat menyadarkan hidup itu terlalu indah jika hanya di pakai untuk memikirkan masalah yang datang”. Nah, kalau pikiran kita sudah mulai tenang dan membaik, sebaiknya kalian pikirkan makanan yang super..super..enak dan bergizi! Oke? Pada saat itu sebaiknya jangan meracuni pikiran dengan rasa kekhawatiran dan ketakutan. Siapin diri kalian aja buat ngadepinnya.
Intinya jika kita sedang menghadapi suatu masalah yang sedang dihadapi, ucapkan saja dalam diri dan hati kita” pokoknya apapun yang terjadi, saya harus siap menhadapinya! Saya tidak malu, saya tidak takut, dan saya takkan mati karena masalah ini. Setelah mengucapkan kata” itu,sebaiknya kita bangun dan berdiri” tegapkan badan dan kerjakan suatu hal yang dapat membuat kita lupa dengan semua masalah yang telah ada!

Oke guys,… mungkin Cuma segitu saran yang apat saya tulis! Tapi semoga aja yah, saran saya ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan masalah. Selamat mencoba yah… ^-^

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wau Boleh juga sarannya saaadappp,

Posting Komentar