topbella

Jumat, 07 Januari 2011

^Kalian Tau kan?


Asap Rokok Kandung 4.000 Zat Kimia Berbahaya

Hey, kalian tau ngga? Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya seperti karbon monoksida, sianida, uap fosfor, uap senyawa belerang, dan uap hasil pembakaran zat tambahan.

Bahaya asap rokok 10 kali lebih besar daripada zat `ter` dalam rokok. Makanya, asap rokok itu jauh lebih membahayakan perokok pasif dari pada perokok aktif. Dalam asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif kadarnya beberapa kali lebih besar dibanding yang diserap oleh perokok aktif.

Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 1,5 persen nikotin. Endapan asap rokok yang berupa hasil pembakaran nikotin mudah melekat di benda-benda dalam ruangan, dan bisa bertahan sampai lebih dari tiga tahun, dan tetap berbahaya.

Sekarang ini Indonesia merupakan konsumen rokok peringkat tiga terbesar di dunia setelah China dan India. Wah, bahaya banget kan? Yah,, ini disebabkan karena sekitar 240 miliar batang rokok telah dihisap oleh 240 juta penduduk Indonesia. Tingginya jumlah perokok tersebut disebabkan masih rendahnya kesadaran mengenai bahaya nikotin dalam rokok.

Selain itu, juga masih adanya anggapan di kalangan masyarakat bahwa rokok adalah warisan budaya. Anggapan tersebut membuat sebagian besar masyarakat enggan untuk meninggalkan kebiasaan merokok.
Kondisi seperti itu ditambah dengan iklan-iklan di media yang menganggap bahwa merokok adalah gaul, modern, dan jantan. Hemmm… cukup memprihatinkan yah!

Makanya guys.. kita sebagai generasi muda harus sadar dengan bahaya yang selalu mengancam dan mengintai kita! Maukan punya lingkungan yang sehat dan bersih? Nah,.. untuk itu, yu sama-sama kita hindarin rokok! Yah selain bisa menghindarkan diri dari berbagai penyakit, kita juga bisa ikut membantu untuk mengurangi penyebab global warming!
Ayo…!! Kalian siapkan unutk menciptakan budaya hidup sehat??

0 komentar:

Posting Komentar